Mempersiapkan Psikologi Anak Masuk Prasekolah

Tanpa disadari mungkin anda akan merasakan bahwa sosok mungil yang selalu bersama dengan Anda sudah waktunya untuk memasuki bangku prasekolah. Di masa ini orang tua diharapkan untuk sudah mempersiapkan psikologi anak memasuki prasekolah. Tidak jarang seorang ibu pada posisi ini akan berhadapan dengan rengekan buah hatinya yang meminta untuk masuk sekolah. Topik pembicaraan kemudian akan berada pada seputar pertanyaan akan kesiapan anak sebelum masuk sekolah. Diantaranya berupa janji untuk tidak ngompol lagi, mau mandi tanpa harus di paksa, mau makan sendiri, dan masih beragam deretan janji lainnya yang berkaitan dengan kemandirian anak.

Melatih anak mandiri di sekolah

Sebenarnya masa pra sekolah bisa dijadikan kesempatan bagi orang tua untuk membentuk psikologi anak dan sikap mandirinya. Ada baiknya jika orang tua memberikan daftar kemandirian yang harus dipenuhi putra-putrinya sebelum ia berada di tempat yang semuanya harus bisa dia lakukan sendiri. Rutinitas harian di sekolah akan menuntut anak untuk dapat membuka tutup bekal makanannya, membuka tutup botol minum dan juga dapat memakai sepatunya tanpa di bantu orang lain.

Pada dasarnya membentuk pribadi yang mandiri merupakan tema penting selama orangtua mengasuh putra-putrinya. Kemandirian merupakan hal penting yang suatu saat diperlukan ketika anak berpisah dengan orang yang biasa membantunya. Tentunya memiliki anak yang mandiri merupakan sebuah nilai tambah karena orang tua akan merasa tenang melepasnya di masa prasekolahnya. Mengenal kematangan psikologi anak memang penting untuk mengukur kesiapan anak dalam menyambut hari pertama sekolahnya. Walaupun begitu ada baiknya Anda menanyakan kepada guru prasekolah mengenai apa saja yang biasanya dilakukan anak ketika dia berada di sekolahnya.

psikolog anak di jogja

Mempersiapkan psikologi anak dan kemandiriannya ketika memasuki prasekolah

Ajaklah anak membaca buku bersama supaya anak mulai mengenal huruf dan cara membacanya. Dengan cara ini anak juga akan belajar untuk terbiasa mendengarkan. Karena ketika orangtua bercerita serta membacakan buku maka dia nantinya juga akan terbiasa mendengarkan gurunya berbicara di kelas.

  • Putarkan nyanyian agar anak mendengar musik serta syair lagunya. Cara ini akan membantu anak dalam memperkaya kosakata. Kebanyakan anak yang telah bisa menyanyikan lagu anak-anak, akan lebih mudah bergaul dan tidak pemalu.
  • Ajarkan tanggung jawab. Salah satu hal penting dalam mempersiapkan psikologi anak memasuki prasekolah adalah belajar bertanggung jawab. Berikan tugas rutin seperti merapikan mainannya sendiri seusai bermain. Di sekolah nantinya kemampuan ini wajib untuk dimiliki anak anda. Ketika berada pada jam bermain maka anak akan bermain sesuai minat mereka namun nantinya mereka harus mengembalikan mainan di tempatnya semula.
  • Izinkan anak sedikit bermain agak kotor. Permainan berupa mencampur warna, serta menanam tentunya membuat anak menjadi kotor. Namun hal ini umum dilakukan di prasekolah, hanya saja pastikan semua material tersebut aman dan tidak berbahaya.
  • Belajar untuk bisa memakai sepatu dan baju sediri. Jika putra-putri Anda mampu melakukan beberapa hal tersebut maka tugas guru di prasekolahnya pun akan semakin ringan, dan tentunya buah hati anda menjadi lebih mandiri.
  • Sering berbincang dengan anak. Dalam perbincangan ini biarkan anak untuk bercerita banyak karena umumnya anak yang mempunyai kemampuan verbal yang baik, akan memiliki keberhasilan akademik lebih baik. Anak yang mempunyai kemampuan verbal baik umumnya akan lebih leluasa dalam mengekspresikan dirinya secara tepat dan bagaimana anak berbagi dengan orang lain. Ini mencegahnya untuk berbuat kasar atau agresif pada teman-temannya.

Komunikasi dengan guru prasekolah

Selanjutnya bagian yang tidak kalah penting yaitu untuk selalu berkomunikasi dengan guru prasekolah putra-putri anda. Ini bertujuan agar anda bisa mengetahui perkembangan psikologi anak anda selama berada di prasekolah.
Mempersiapkan psikologi anak memasuki prasekolah merupakan hal penting yang menentukan keberhasilan anak anda dalam mengenal diri, pergaulan dan lingkungan prasekolahnya. Jika diperlukan anda dapat berkonsultasi dengan konselor dan psikolog anak di Jogja mengenai tumbuh kembang anak dan seputar perkembangan psikologi anak.

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + 17 =

WhatsApp chat WhatsApp Kami