Kesalahan Mendidik Anak Ini Perlu Diketahui

Semua orangtua tentu berharap anaknya kelak menjadi orang yang dapat menjadi kebanggaan kedua orangtuanya. Sehingga seringkali orang tua memaksakan kehendak mereka pada anak, harus begini harus begitu yang malah membuat anak bingung dan mudah marah karena apa yang ingin mereka lakukan selalu dilarang dan dianggap salah. Dalam hal mendidik anak memang harus kita lakukan sebagai orangtua namun yang perlu kita ketahui ada beberapa hal yang semestinya dijauhkan saat kita mendidiknya. Jangan sampai anda melakukan kesalahan mendidik anak yang tanpa anda sadari. Orang tua sangat perlu memahami setiap tahap perkembangan anak dan psikologisnya.

5 Kesalahan Mendidik Anak Yang Perlu Diketahui

kesalahan mendidik anak

1. Tidak Memberi Contoh Positif Kepada Anak

Banyak dari orang tua yang mengharapkan anak-anaknya bertutur kata sopan, padahal si orang tua sendiri sering berkata kasar di depan anak-anaknya. Secara tidak langsung setiap apa yang si anak dengar, dia akan menirukannya. Jadi anda sebagai orang tua wajib memberikan contoh yang positif kepada anda jika menginginkan anak anda menjadi anak yang baik.

2. Sering Mengekang Kepada Anak

Jika anda ingin melihat si anak tumbuh dengan kepribadian yang baik serta memiliki prinsip, maka jangan pernah melarang anak saat ingin mengembangkan kreativitasnya. Dukunglah setiap yang dia lakukan agar anak merasa dirinya dihargai dan nilailah setiap apa yang si anak kerjakan untuk memberi semangat. Jangan pernah mengekang anak berbuat apa yang dia inginkan selama hal itu tidak membahayakannya.

3. Berkata Kasar Pada Anak

Saat ibu dibuat kesal oleh anaknya seringkali tak menyadari kata-kata yang terlontar dari mulut sang ibu. Ketika ibu menasehati anak jika telah melakukan kesalahan biasanya terlalu banyak menggunakan kata-kata kasar untuk membuat anak jera, padahal yang perlu ibu lakukan adalah dengan memberi pengertian kapada anak dengan bahasa yang mudah dipahami.

kesalahan mendidik anak

4. Terlalu Menuntut Kepada Anak

Ketika anak berusia dua atau tiga tahun maka keinginan untuk mencoba dan mengetahui banyak hal sering anak lakukan. Sehingga kita sebagai orang tua jangan terlalu menuntut banyak dari anak untuk melakukan hal-hal seperti yang kita kehendaki. Pada masa anak-anak mereka belum bisa mengontrol emosionalnya, sehingga normal saja bila si anak berantakan saat melakukan segala hal.

5. Membimbing Semua Anak Dengan Metode yang Sama

Seorang ibu pasti akan memahami karakter dari anaknya masing-masing, sehingga jangan perlakukan mereka dengan cara yang sama, karena si adik dengan si kakak memiliki karakter yang berbeda. Jika anak mempunyai sifat yang sensitif, alangkah baiknya bila anda tidak memakai cara-cara yang terlalu kasar. Karena hal tersebut bisa berdampak negatif pada psikologi anak yang akhirnya si anak menjadi depresi.

Sebagai orangtua memang harusnya selalu terbuka pada anaknya dan jadilah teman untuk mereka, supaya si anak merasa lebih nyaman jika berada disamping orangtuanya. Dan selain itu cobalah untuk selalu mengerti apa yang si anak inginkan.

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + thirteen =

WhatsApp chat WhatsApp Kami