Cara Menaikkan Karir Bagi Fresh Graduate

Memasuki dunia kerja bagi seorang fresh graduate merupakan hal baru yang umumnya disambut dengan semangat yang kuat. Namun tidak jarang terbesit sebuah kekhawatiran karena ini merupakan pekerjaan pertama dan merasa belum berpengalaman. Sebenarnya hal tersebut sangat wajar asalkan tidak kemudian menjadikannya salah tingkah di hari pertama kerja. Yang harus segera dilakukan adalah bagaimana beradaptasi dengan lingkungan kerja secepatnya. Ketika sudah dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan pekerjaan maka semua akan terasa lebih baik. Bahkan tidak menutup kemungkinan di pekerjaan pertama ini bisa memperoleh kesempatan untuk menaikkan karir. Berikut di bawah beberapa tips singkat cara menaikkan karir yang akan membantu seorang fresh graduate.

Cara menaikkan karir untuk seorang fresh graduate

Cara Menaikkan Karir Bagi Fresh Graduate

1. Jalin interaksi yang baik dengan semua karyawan di semua level pekerjaan

Interaksi yang baik dengan semua rekan kerja merupakan kunci utama dalam dunia pekerjaan dalam perjalanan karier Anda. Jadikan diri anda fleksibel dalam berkomunikasi serta dalam tugas Anda sehingga banyak orang akan tertarik untuk mengajak anda bekerja di dalam timnya. Jangan membatasi diri Anda berinteraksi pada rekan di level Anda. Bangunlah hubungan baik dengan banyak orang dari berbagai bagian. Suatu saat nanti ketika karier Anda sudah meningkat maka dengan mudah anda akan menemukan orang-orang yang mau bekerja bersama Anda.

2. Tawarkan bantuan Anda jika memungkinkan

Jadikan diri anda yang proaktif. Ketika Anda sedang memiliki waktu luang maka cobalah untuk membantu teman kerja anda jika itu memungkinkan. Bangunlah citra bahwa anda adalah karyawan yang siap membantu. Dan jangan memilih-milih ketika akan menawarkan bantuan, bantulah semua orang mulai dari level staf, kolega hingga atasan Anda sesuai kemampuan tanpa mengganggu tugas utama anda.

3. Jangan malu untuk bertanya

Pekerjaan pertama merupakan sebuah peluang bagus bagi Anda untuk belajar. Karena itu jangan pernah malu untuk bertanya apalagi anda merupakan seorang fresh graduate. Bahkan seorang karyawan yang pindah dari perusahaan lain pun wajar jika bertanya beberapa hal ketika berada di sebuah lingkungan kerja baru. Walaupun begitu pastikan anda memahami tugas utama anda dengan jelas sehingga Anda dapat menyelesaikannya dengan baik. Dengan begitu anda hanya akan bertanya sesuatu yang memang tidak anda pahami saja. Jangan sampai justru berkesan bahwa anda memang tidak siap untuk bekerja. Karena itu usahakan pertanyaan yang anda tanyakan bukan mengenai tugas utama yang diberikan kepada anda. Tanyakan hal yang terkait penempatan barang atau ruang, struktur organisasi, jadwal perusahaan dan sejenisnya karena setiap perusahaan selalu berbeda. Ini salah satu point penting sebagai cara menaikkan karir di tempat kerja.

4. Memiliki prioritas pada tugas

Kadangkala dalam sebuah tempat kerja sebagai “orang baru” Anda akan di beri tugas yang terkesan “tidak penting” bahkan terkesan menyebalkan. Walaupun begitu selesaikan saja dengan cepat dan tepat karena peran Anda cukup penting dalam perusahaan. Selalu berkonsentrasi dalam bekerja sesuai detail yang dibutuhkan dan pahami alasan Anda diberikan tugas tertentu.

5. Tunjukkan sikap yang baik dan menyenangkan

Walaupun nilai dalam ijasah dari universitas anda tinggi namun sikap yang temperamental, sombong dan arogan justru akan menghambat perjalanan karier Anda. Salah dalam menunjukkan sikap percaya diri justru akan terkesan arogan. Kepercayaan diri adalah pengetahuan dari dalam diri sendiri bahwa Anda tidak hanya mampu menangani tetapi juga melebihi target dalam pekerjaan. Anda dapat percaya diri sekaligus mempercayai bahwa orang lain juga mampu dan kompeten dalam pekerjaannya.

Dari beberapa cara menaikkan karir di atas semoga akan membantu anda untuk memiliki serta membentuk diri anda menjadi pribadi yang menyenangkan dan berprestasi dimanapun. Jangan pernah merasa minder atau kurang mampu hanya karena anda seorang fresh graduate yang masih muda. Tunjukkan selalu semangat anda sebagai seorang fresh graduate sehingga perusahaan memiliki alasan kuat untuk meningkatkan karir dan jabatan anda.

Related Post

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + three =

WhatsApp chat WhatsApp Kami